Pages

halaman

Pages - Menu

Senin, 02 Desember 2013

TIMER SEBAGAI GENERATOR GELOMBANG





7.1 Generator Gelombang dengan Adjustable Duty cycle

Pada percobaan kali ini akan dibuat program untuk mengeluarka n gelombang kotak pada pada pin 9 (OC1A) . Gelombang yang akan dikeluarkan pada pin 9 adalah gelombang berbentuk k otak dengan duty cycle dapat diatur lebarny a. Lebar duty cycle akan diatur oleh poten siometer yang terhubung pada pin A0. Pada percobaan kali ini akan digunakan fungsi analogWrite yang berfungsi untuk m engeluarkan sinyal gelombang pada pin Pu lse Width Modulation (PWM).


Prosedur :

1.  Buatlah rangkaian seperti Gambar 7.1. 
2.Tuliskan sintaks  program berikut ini pada Arduino IDE



3. video

4.amati




7.2  Generator Gelombang dengan Adjustable Frekuensi

      Pada percobaan kali ini gelombang yang akan dikeluarkan pada pin 9 adalah gelombang berbentuk kotak dengan duty cycle yang besarnya tetap yaitu 50%, namun besarnya frekuensi dapat berubah-ubah. Perubahan frekuensi akan diatur oleh potensiometer yang terhubung pada pin A0. Program pada perco baan kali ini akan menggunakan konfigu rasi register untuk mengeluarkan sinyal gelombang pada pin PWM.


Prosedur :

1.  Buatlah rangkaian seperti pada Gambar 7.2.
 



2. Tuliskan  sintaks  program  berikut  ini  pada  Arduino  IDE


























3.video

4.amati





7.3 PWM dengan Adjustable Frekuensi dan Duty cycle (7 KHz sampai 300 KHz)




Pada percobaan ka li ini gelombang yang akan dikeluarkan pada pin 9 adalah gelombang berbentuk kotak dengan duty cycle dan frekuensi yang d apat berubah-ubah. Perubahan frekuensi akan diatur oleh potensiometer yang terhub ung pada pin A0. Perubahan duty cycle akan diatur oleh potensiometer yang terhu bung pada pin A1. Program pada percobaan kali ini akan menggunakan konfigur asi register untuk mengeluarkan sinyal ge lombang pada pin PWM.

Prosedur :

1.  Rangkailah rangkaian pada Gambar 7.3.






















2. Tuliskan  sintaks  program  berikut  ini  pada  Arduino  IDE






















3.video
4.amati




Tidak ada komentar:

Posting Komentar